|
Profile |
Music |
|
Selasa, 06 April 2010
Tugas Method of Qualitative Research Nama : Windya Mulia Sari NIM : 2004080837 Judul : Hubungan Pesan Tarif Iklan GSM di Televisi dengan Kebiasaan Berkomunikasi Lewat Telepon Seluler pada Remaja. (Studi Korelasional : Pesan Tarif Iklan GSM IM3 dengan Pengguna Pulsa di Kalangan Pelajar SMAN 4 Jakarta). Jumlah halaman : 5 bab, 87 halaman, 3 gambar, 12 lampiran Referensi : 27 buku Penelitiaini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler pada remaja dengan pesan tarif GSM IM3 yang ditayangkan di televisi. Untuk mengetahuinya diperlukan juga teori-teori komunikasi yang dapat mendukung tujuan penelitian tersebut,antara lain teori perilaku konsumen dimana terdapat keterangan mengenai tahapan-tahapan apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen untuk pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan suatu produk atau jasa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi degan menggunakan analisis data kuantitatif yaitu dengan mengunakan teknik-teknik statistic.Dan berdasarkan teknik-teknik statistic tersebut maka didapat bahwa sample yang digunakan sebesar 52 orang dari populasi sebanyak 110 orang. Setelah mendapatkan data dari hasilpenyebaran kuesioner,data tersebut dianalisa dengan menggunakan teknik korelasi.Dari hasil yang didapat untuk bahwa antara 2 variabel yaitu variabel (x) pesan tariff iklan GSM dengan variabel (y) kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler dan terdapat hubungan dengan koefisien korelasi 0,5 dan termasuk kedalam kadar indeks koefisien korelasi yang sedang. Dan pada akhirnya,kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan pesan tarif iklan GSM di televisi dengan kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler pada remaja. Hubungan Pesan Tarif GSM di Televisi dengan Kebiasaan Berkomunikasi Lewat Telepon Seluler pada Remaja. · Kuantitatif korelasi,dimana penelitian korelasi adalah penelitian yang melihat hubungan yang terjadi diantara mereka tanpa mencoba atau mengadakan perlawanan terhadap variable-variabel tersebut. · Observer : peneliti tidak meneliti langsung dan ini dapat dilihat dari pemberian kuesioner. · Mikro : terlihat dari kuesioner yang diberikan kepada 30 responden siswa-siswi SMAN 4 Jakarta. · Bebas nilai : penulis tidak berpihak dengan isi penelitian tersebut,terlihat dari penulis yang tidak menyatakan pengaruh iklan tarif GSM IM3 terhadap dirinya sendiri. · Uji validitas variable x (pesan tariff iklan GSM IM3). Uji validitas pada variable x dilakukan dengan menyebar 11 pertanyaan kepada 30 respinden dan setelah dilakukan perhitungan maka dapat diketahui dari 11 pertanyaan terhadap 8 pertanyaan yang dinyatakan valid dan 3 yang tidak valid. · Uji validitas variable y (kebiasaan berkounikasi dengan ponsel). Uji validitas pada variable y dilakukan dengan menyebar 11 pertanyaan kepada 30 responden dan setelah dilakukan perhitungan maka dapat diketahui dari 10 pertanyaan terdapat 7 pertanyaan yang dinyatakan valid dan 3 pertanyaan yang dinyatakan tidak valid. · Uji reliabilitas variable (x) Alpha cronbach = 0,509 dengan demikian variable (x) pesan tariff iklan GSM IM3 dikatakan variable karena nilai yang didapat lebih besar dari r table 0,279. · Uji reliabilitas variable (y) Alpha cronbach = 0,717 dengan demikian untuk variable (y) kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler dikatakan reliable karena nilai yang didapat lebih besar dari r table 0,279. · Berdasarkan kajian teoritif : dalam skripsi ini,kajian yang dipakai bukan berasal dari lapangan,tetapi melainkan kajian teoritif metode kuantitatif korelasi : penelitian yang melihat hubungan yang terjadi diantara mereka tanpa mencoba merubah atau mengadakan perlakuan terhadap variable-varibel tersebut (Kountur,2003 : 108). · Terdapat hipotesis Ho : tidak ada hubunagn yang positif antara pesan tariff iklan GSM IM3 di televise dengan kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler pada remaja. Ha : ada hubunagn positif antara pesa tariff iklan GSM IM3 di televise dengan kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler pada remaja. · Populasi dari penelitian ini adalah para siswa-siswi SMAN 4 Jakarta kelas 2 yang terdiri dari 6 kelas yang jumlah muridnya 230 siswa-siswi. · Metode sample yang digunakan adalah metode purposive sampling,dimana penelitian ini memilih orang-orang tertentu karena dianggap dan berdasarkan penilaian tertentu serta mewakili statistik,tingkat signifikasi dan prosedur pengujian hipotesis.jumlah sample ditentukan dengan menggunakan rumus perhitungan besaran sample berdasarkan rumus slovin sebagai berikut : n = = = = = 52,38 N = 52 Deduktif, dilihat dari latar belakang penulisan yang membicarakan media massa,yaitu yang tidak dapat dianggap remeh keefektifan dalam menyebarkan pesan,karena pengaruh televisi terhadap system komunikasi tidak lepas dari pengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan pada umumnya.Iklan merupaka salah satu sarana yang banyak menyita perhatian para konsumen untuk meniru apa yang disajikan oleh iklan tersebut. Dengan adanya iklan,manusia bisa mengetahui informasi terbaru akan suatu produk,barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat luas melalui suatu media.Lalu sampailah pada topic skripsi ini,yaitu hubungan pesan tariff iklan GSM di televisi dengan kebiasaan berkomunikasi lewat telepon seluler pada remaja. 06.41
|
Tagbox Affiliates Kikih Intan Maya Okti Sally Nining Fren |